Skip to main content

Fungsi Dan Kegunaan Lain Dari Pembatas Buku Yang Jarang Diketahui

Ada 6 fungsi lain dari pembatas buku yang mungkin belum anda ketahui, diantaranya yaitu :

1.    Stabilo / memberi tanda warna pada catatan
Fungsi ini memang tidak banyak yang tau, terlebih kita sudah dimudahkan dengan adanya stabilo untuk menandai kalimat / kata penting pada catatan. Namun anda juga bisa menggunakan alternatif lain saat tidak membawa stabilo, salah satunya yaitu dengan pembatas buku.
Cara penggunaannya pun cukup mudah, yaitu dengan cara membelah pembatas buku menjadi 2 bagian, dan menempelkannya langsung pada kalimat / kata yang penting.
Kelebihan penggunaan pembatas buku sebagai pengganti stabilo yaitu:
Anda bisa lepas-pasang penandanya, dan buku anda pun akan tetap bersih tanpa coretan.

        
2.    Media menulis kata motivasi di dinding
Kata inspiratif termasuk dalam jenis motivasi ekstrinsik, yaitu motivasi yang berasal dari luar diri manusia. Banyak dari kita yang terpacu dan terdorong untuk melakukan sesuatu saat mengingat kata motivasinya, Itupun jika kita masih ingat. Olehkarena itu dengan adanya pembatas buku ini kita bisa menuangkan motivasi singkat yang bisa ditempelkan di dinding-dinding agar kita sering melihat, membaca, dan secara tidak langsung menghafalnya. 


3.    Notes atau catatan mini 
Jika kita ingin mencatat hal penting yang singkat namun ruang yang ada hanya sedikit, maka pembatas buku adalah media yang tepat untuk menuangkan catatan mini anda. 

  
4.    Pembatas di Al-Qur’an yang tidak memiliki tanda pembagian juz
Nggak jarang nih saat kita beli dan terlanjur cocok sama jenis Al-Qur’annya, tapi ada minusnya yaitu tidak ada penanda pembagian per juz nya. Maka pembatas buku ini bisa menjadi solusinya.





5.    Penanda informasi penting
Untuk memudahkan kita atau orang lain menemukan suatu informasi, maka pembatas buku ini menjadi solusi yang tepat seperti contoh dibawah ini. 

  
6.    Menulis nama disampul buku
Pembatas buku ini bisa menjadi alternatif saat sampul buku tidak ada kolom khusus nama dan kelas, atau juga bisa digunakan saat anda ingin menulis nama dimedia yang berwarna 



Apabila ada yang ingin ditanyakan atau memberi saran, silahkan tulis dikolom komentar.


Terimakasih atas kunjungan Anda. 


FiraSyahrin9

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Membuat Catatan Aesthetic Menarik di Microsoft Word

Cara Membuat Catatan Aesthetic Menarik di Microsoft Word  Setiap zaman pasti akan mengalami suatu perkembangan dan kita berada dalam perkembangan di era globalisasi yang semua secara perlahan akan mengandalkan tegnologi untuk membantu umat manusia menjalankan aktivitasnya. Tak terlebih dibidang pendidikan, banyak sekolah yang sudah mengaplikasikan sistem digital pada proses pembelajarannya. Banyak contoh penerapannya, seperti penggunaan e-book yaitu buku elektronik yang memuat materi pembelajaran siswa, pencatatan materi dikelas yang sudah mulai menggunakan hp ataupun laptop dan lain sebagainya. Dengan adanya pengalihan sitem pembelajaran ini, banyak siswa baik ditingkat SD, SMP, SMA, dan perkuliahan yang dahulunya selalu mengkreasikan catatannya agar menarik dipelajari, kini mengalami kesulitan, karena mereka belum tau cara mengkreasikan catatannya di media digital. Oleh karena itu, saya akan membagikan sebuah tutorial yang menjelaskan mengenai tata cara mengkresikan catatan d